Skip to main content

Tim Korbinmas Baharkam Polri hari ini mengunjungi Polres Lampung Tengah, Polda Lampung dalam rangka Supervisi Fungsi Binmas T.A 2023, bertempat di aula Atmani Wedhana Mapolres setempat. Kamis (9/11/23).

Rombongan Korbinmas Baharkam Polri yang dipimpin oleh Ketua Tim Kombes Pol. Hari Purnomo, S.H., S.I.K., M.H beserta pendamping dari Dit Binmas Polda Lampung tersebut diterima langsung oleh Kapolres Lampung Tengah AKBP Andi Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M beserta PJU dan Perwira lainnya.

Dimana, dalam kegiatan ini Ketua Tim beserta anggotanya akan melaksanakan asistensi evaluasi Bhabinkamtibmas dan supervisi fungsi Binmas serta Polisi RW di jajaran Polres Lampung Tengah.

Dalam sambutannya, Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik menyampaikan ucapan terimakasih dan kita patut berbangga karena wilayah hukum Polres Lampung Tengah termasuk dalam salah satu wilayah sebagai percontohan program Polisi RW.

Kapolres berharap, dengan adanya program ini, mudah-mudahan permasalahan-permasalahan yang ada di tengah masyarakat bisa cepat diterima dan cepat diberikan solusi pemecahan masalah.

“Kami seluruh personel Polres Lampung Tengah dan jajaran meminta petunjuk dan arahan dari Ketua Tim Supervisi Korbinmas Baharkam Polri, agar pelaksanaan Polisi RW kedepan dapat berjalan dengan optimal,” ujarnya.

Semantara itu, Ketua Tim Kombes Pol. Hari Purnomo selaku Kasubdit Bintibsos Ditbintimbas Korbinmas Baharkam Polri mengatakan bahwa kedatangannya bersama rombongan untuk meneruskan program unggulan bapak Kapolri terkait dengan Polisi RW.

Dengan adanya Polisi RW tersebut, diharapkan semua Polisi nantinya akan bertatap muka langsung dengan masyarakat yang ada di RW atau lingkungan setempat untuk membantu semua permasalahan-permasalahan yang ada di RW nya.

Kemudian, Kombes Pol. Hari Purnomo juga menjelaskan terkait perbedaan maupun persamaan dari tugas anggota Bhabinkamtibmas dan Polisi RW kepada seluruh personel Polres Lampung Tengah.

Hari mengatakan, persamaan anggota Bhabinkamtibmas dan Polisi RW adalah sama-sama bertugas sebagai Polisi Masyarakat (Polmas).

“Perbedaannya, kalau Bhabinkamtibmas adalah petugas Polmas yang melakukan pembinaan di wilayah Desa/Kampung, sedangkan Polisi RW adalah petugas Polmas yang melakukan pembinaan ditingkat RW/Dusun/ Lingkungan,” terangnya.

Oleh karena itu sambung Kombes Pol. Hari Purnomo, ini adalah program yang sedang digalakkan oleh bapak Kapolri. Dimana tugas pokok dan fungsi Polisi RW tidak jauh berbeda dengan Bhabinkamtibmas.

“Dengan harapan, Polisi RW ini nantinya akan lebih dekat dengan masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim juga turut membuka sesi tanya jawab dan berdialog dengan seluruh personel Polres Lampung Tengah terkait kendala yang ada di lapangan saat pelaksanaan tugas sebagai anggota Bhabinkamtibmas maupun Polisi RW.

Terlihat, Ketua Tim sangat senang dan memberikan apresiasi kepada personel yang aktif bertanya dan menjawab sekaligus Polisi RW yang sudah turun ke lingkungannya hingga membuat group WA dengan warga binaannya.

Terakhir, kepada seluruh personel Polisi RW, Kombes Pol. Hari Purnomo berpesan untuk bekerja secara ikhlas dan temui masyarakat dengan santun.

“Berikan semua informasi tentang apa saja program-program Polri. Kemudian, apapun permasalahannya yang ada di lingkungan RW tersebut, tolong berikan solusi yang terbaik, sehingga kehadiran kita di sana membuat dampak yang positif di masyarakat,” demikian pungkasnya. (Humas LT)

HUMAS POLRES LAMTENG

Author HUMAS POLRES LAMTENG

More posts by HUMAS POLRES LAMTENG